NEWS & EVENT

11 Nov 2012
Tips Jitu Rawat Ban

NYAMAN DAN AMAN

Bagi pengendara motor, pastinya ban merupakan komponen kendaraan yang sangat berarti dalam menunjang keselamatan berkendara dan pengemudi di dalam perjalanan. Ban motor sangat berpengaruh terhadap perjalanan kita, apalagi kondisi ban tersebut tidak bagus atau sudah tidak layak pakai, pasti tidak nyaman saat berkendara.

Ban zaman sekarang hampir tidak ada bedanya antara ban kering dan ban basah. Jadi relatif sama ngerawatnya. Yang penting kembangan ban masih dalam tahap toleransi. Maka dari itu, kita tidak boleh melupakan yang namanya perawatan untuk si karet bundar ini. Demi menjaga safety ridding, otomatis kita sempatkan diri untuk merawatnya.

Berikut ini beberapa tips merawat ban motor agar lebih awet dan tetap tahan lama.

1. Kita selalu cek tekanan angin ban motor dengan rutin. Usahakan ukuran ban sesuai dengan ketentuan pabrik. Soal ukuran ban bisa dilihat di buku petunjuk penggunaan ban.

2. Kemudian ganti segera ban luar jika sudah aus atau pada waktunya penggantian. Untuk mengetahui atau mengetes kekuatan ban akan diganti atau tidak, bisa dilakukan melihat Tread Wear Indicator (TWI). Batas minimal TWI yakni, 1,6 mm dari tapak ban. Keausan ban bisa juga dilihat dari kembangan ban masih terlihat bagus atau sudah tidak.

3. Apabila dalam perjalanan, sebisa mungkin hindari jalanan yang berlubang. Dikarenakan kalau jalanan yang berlubang tetap diterjang, akan membuat ban robek atau terkena barang tajam seperti paku. Pahami juga cuaca saat berkendara. Karena sangat berpengaruh sekali di cuaca panas dan hujan akan membuat ban cepat aus.

4. Buang semua benda yang masih menempel pada alur ban. Seperti kerikil kecil atau benda-benda lain yang bisa membuat ban bolong atau bocor.

5. Biasakan parkir dengan standar tengah supaya beban tidak terlalu berat. Enaknya juga standar tengah sangat membantu kalu ingin bersih-bersih ban.

6. Apabila ban motor anda terkena oli atau minyak segeralah bersihkan agar tidak merusak ban dan menjaga agar riding kita tetap aman. Masalahnya oli tersebut bisa membuat kondisi ban kita licin.

7. Periksalah selalu pentil ban dan usahakan berikan tutup pentil agar tidak ada kotoran yang masuk dan akan membuat tekanan angin lebih maksimal.

8. Usahakan lakukan pengecekan roda motor 2 minggu sekali agar as roda tetap stabil dan seimbang agar putaran roda stabil karena akan mempengaruhi ban Anda. Tapi ingat juga, walau bersih bukan berarti bisa seenaknya semir ban. Kadang ingin tampil keren bikin rider suka ikut-iktuan menyemir sampai tapak bannya. Dijamin bikin licin plus riskan kala belok.

9. Tetap mematuhi aturan kekuatan ban saat memakai dan membawa barang jangan melebihi kekuatan ban karena akan membuat ban rusak atau pecah.

10. Carilah ban yang mutunya bagus dan benar benar sudah teruji jangan sampai salah memilih ban akan membuat kesalahan fatal juga resiko besar dalam mengendara.

Teks by Tim Sosmed for CST